Sabtu, 27 Agustus 2016

Tempat Wisata di Garut yang Paling Terkenal dan Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Garut yang Paling Terkenal dan Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Garut yang Paling Terkenal dan Tidak Boleh Dilewatkan


Wisata Garut Jawa Barat │ Di Provinsi Jawa Barat Garut merupakan sebuah kabupaten kecil. Penduduknya tersebar di 42 Kecamatan yang terbagi dalam 3 zona, yaitu Garut Utara, Garut Kota dan Garut Selatan, yang semuanya memiliki kekayaan budaya, kuliner dan objek wisata dengan daya tarik tersendiri serta penduduknya terkenal ramah.

Garut adalah sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang dikelilingi oleh lima gunung sehingga sebagian besar wilayah Garut adalah daerah pegunungan, kecuali daerah di sekitar pantai yang terletak di selatan Garut. Dengan keadaan geografis seperti itu, secara otomatis Garut memiliki banyak tempat wisata menarik dan banyak dikunjungi wisatawan dari daerah-daerah di sekitarnya. Mau tahu apa saja tempat wisata di Garut yang paling terkenal? diantaranya berikut ini.

Tempat wisata di Garut bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari tempat wisata ziarah, tempat wisata belanja, tempat wisata keluarga, tempat wisata edukasi dan kesenian, tempat wisata alam sampai wisata kuliner semuanya ada di Garut. Selain memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, Garut juga sangat terkenal dengan produk kerajinan kulit Sukaregang dan batu akik hijau Garut dari Kecamatan Bungbulang yang sudah mendunia. Tidak hanya itu, di Garut juga terdapat pentas seni unik Domba Catwalk yaitu peragaan


1. Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi. Situ Bagendit adalah tempat wisata danau yang paling terkenal di Garut karena kualitas lingkungannya yang dalam kondisi baik dan kebersihannya yang terjaga. Kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati di sini yaitu menikmati pemandangan indah dengan udara sejuk, bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit khas Situ Bagendit, memancing, hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang. Tempat wisata di Garut ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin piknik di tepi danau. Baca selengkapnya di Wisata Situ Bagendit Garut yang Masih Asri dan Nyaman


2. Pantai Santolo

Pantai Santolo, Terletak di Kecamatan Cikelet, Pantai Santolo adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling populer. Pantai Santolo yang terletak 88 KM di selatan kota Garut merupakan tempat wisata andalan Garut yang banyak dikunjungi oleh warga Bandung. Daya tarik dan kelebihan yang dimiliki pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap. Baca selengkapnya di Pantai Santolo Garut.

3. Gunung Guntur

Gunung Guntur merupakan tempat wisata di Garut yang disebut-sebut sebagai Semeru-nya kota Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2.249 mdpl, tidak lebih tinggi dari Gunung Papandayan, namun trek pendakian Gunung Guntur tanjakannya sangat tajam dan melewati materal pasir, mirip di jalur pendakian Gunung Semeru.

Gunung Guntur merupakan gunung api yang masih aktif di Garut. Suasananya panas dan gersang, makanya jarang ada pendaki yang muncak di siang hari. Gunung Guntur berada di daerah Tarogong. Jika Anda dari arah Bandung, minta berhenti di lapang Tanjung sebelum alun-alun Tarogong. Selengkapnya bisa lihat Gunung Guntur, Semeru di tanah Garut. Pemandangan alam dari atas puncak Guntur sangat indah, Anda bisa melihat objek wisata Situ Bagendit, gunung Cikuray, mesjid Agung Garut, dan pemandian air panas Cipanas Garut. Baca selengkapnya Pendakian Gunung Guntur Garut, Pendek Tapi Menantang.

4. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling terkenal. Ciri khas dari Pantai Rancabuaya adalah ombaknya yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan batu karangnya yang banyak dan juga besar. Kedua hal tersebut menyebabkan beberapa ikan terperangkap di antara batu-batu karang, cukup unik dan menarik untuk dilihat. Keunikan lain dari Pantai Rancabuaya adalah adanya sebuah air terjun yang langsung menghadap ke lautan, mirip dengan pantai di Pacitan. Baca selengkapnya di Wisata Pantai Rancabuaya.

5. Pantai Sayang Heulang

Tempat wisata di Garut selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah pantai Sayang Heulang. Lokasinya berdekatan dengan pantai Santolo. Jika Anda berlayar menggunakan perahu nelayan dari Pantai Santolo lewat muara sungai, akan sampai di Pantai Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang memiliki bentang pantai yang panjang dan luas. Udara di tepi pantai cukup teduh karena ada banyak tumbuhan khas laut yang daunnya rindang. Ombak di pantai Sayang Heulang tergolong besar, sehingga kurang cocok untuk aktiƱtas berenang.

Jika Anda menginap di pantai Sayang Heulang, jangan lewatkan pemandangan senja yang sangat menakjubkan, yaitu saat tenggelamnya matahari. Ingin tahu lebih lanjut tentang tempat wisata di Garut yang satu ini? Silakan baca selengkapnya di Panorama Pantai Sayang Heulang Garut yang Menawan.


6. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung api yang lumayan terkenal bagi warga Jawa Barat, terutama Bandung dan Garut. Terletak di Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan hanya berjarak 70 KM dari kota Bandung sehingga banyak warga Bandung yang pergi berwisata ke Gunung Papandayan. Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panasnya yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu banyak juga pecinta alam yang datang mendaki Gunung Papandayan untuk melihat keindahan panorama matahari terbit dari gunung ini. Apabila Anda ingin mendaki Gunung Papandayan, jangan lupa membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin. Baca selengkapnya di Pesona Gunung Papandayan Garut yang Eksotis.

7. Curug Orok

Curug Orok adalah sebuah tempat wisata di Garut yang berupa air terjun. Berlokasi di Desa Cikandang, Curug Orok adalah tempat wisata air terjun di Garut yang paling terkenal. Nama Curug Orok berasal dari cerita masyarakat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut. Curug Orok memiliki ketinggian sektiar 45 meter dan banyak dikunjungi wisatawan dari kota Garut, Bogor, Bandung, dan Jakarta. Harga tiket masuk Curug Orok adalah 10,000 Rupiah per orang. Baca selengkapnya di Wisata Curug Orok Indah.

7. Curug Citiis Garut

Kalau Anda mendaki gunung Guntur, pasti bertemu dengan Curug Citiis. Udara di Curug Citiis sangat sejuk karena berada di antara peponan yang rindang. Selain menjadi tempat singgah pendaki gunung Guntur, tempat wisata di Garut ini sering dikunjungi oleh warga sekitar pada hari-hari libur.

Kalau hari libur biasanya di tempat ini suka ada pedagang makanan. Jadi kalau sudah puas mandi di curug dan merasa kedinginan, bisa langsung menyantap bala-bala hangat dan kopi panas yang dijual tidak jauh dari air terjun. Namun pada hari-hari biasa, jangan berharap banyak bisa menemukan pedagang di sekitar tempat wisata ini. Baca selengkapnya di wisata Curug Citiis Garut.

8. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah yang berlokasi di Desa Sagara termasuk pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Keunggulan dari Pantai Cijeruk Indah adalah pantai ini tidak ramai, bersih, alami, dan mempunyai air yang sangat jernih. Dalam perjalanan ke Pantai Cijeruk Indah, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa perkebunan karet yang tertata rapi, lengkap dengan hewan-hewan ternak seperti sapi yang digembalakan di kebun karet tersebut. Baca selengkapnya di wisata Pantai Cijeruk Indah Terbaru.

9. Kawah Putih Talaga Bodas

Kawah putih ternyata tidak hanya ada di Bandung saja, ternyata juga ada di Garut. Talaga Bodas artinya danau putih. Kawah Putih Talaga Bodas merupakan tempat wisata di Garut yang memiliki keindahan alam sangat menarik dan memikat. Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata di Garut yang menawarkan pesona alam pegunungan, udara segar dan perbukitan hijau yang mempesona.

Di tempat wisata Garut ini, Anda dapat berendam air panas, sebab di Talaga Bodas tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati. Air panas di Kawah Putih Talaga Bodas memiliki kadar belerang yang tinggi dan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah. Kawah Putih Talaga Bodas juga menjadi tujuan wisata keluarga paling menarik di Garut. Baca selengkapnya di Info Wisata Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memikat Pengunjung.

10. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje adalah pantai yang berlokasi di Kecamatan Cibalong, Garut. Pantai Karang Paranje memiliki keunikan berupa adanya gugusan karang di sepanjang pantainya. Di pantai seluas kurang lebih 9 hektar ini Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Karena belum tersentuh berbagai jenis pembangunan, Pantai Karang Paranje mempunyai tingkat kebisingan rendah, pandangan yang luas, tidak ada pencemaran, lingkungan yang asri, dan suasana yang damai dan tenang. Baca selengkapnya di Objek Wisata Pantai Karang Paranje Garut.

11. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Anda suka yang menantang dan ekstrem, nah arung jeram di sungai Cimanuk harus anda coba. Adrenalin anda akan tertantang dengan olahraga ekstrem yang satu ini. Sungai Cimanuk adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta olahraga alam bebas, penyuka arung jeram atau rafting. Jeram-jeram sungai Cimanuk dan aliran air sungainya yang deras dapat mamacu adrenalin dan menghilangkan kejenuhan beraktifitas sehari-hari.

Panorama alam di sepanjang sungai Cimanuk sangat indah sehingga di samping melakukan kegiatan rafting yang mengasyikan, sobat dapat menikmati pemandangan alamnya yang tidak membosankan. Baca selengkapnya di Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut.

12. Air Panas Cipanas

Cipanas adalah nama daerah di Garut yang terkenal dengan permandian air panas alaminya. Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung. Dalam perjalanan mencapai Air Panas Cipanas, Anda akan melewati pegunungan dengan hamparan sawah yang hijau dan indah. Air Panas Cipanas banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak setiap harinya karena Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata. Baca selengkapnya di Objek Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Garut.


13. Pemandian Air Panas Darajat

Selain Cipanas, di garut juga ada Pemandian Darajat. Anda bisa menemukan penginapan dengan mudah dan murah disini.Pemandian air panas Darajat berada di dataran tinggi, yaitu di wilayah kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Seperti diketahui bersama bahwa wilayah Samarang ini sering dijadikan tempat shuting FTV. Baca lengkapnya di Wisata Pemandian Air Panas Puncak Darajat Garut.

14. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang yang berlokasi di Kecamatan Leles adalah sebuah tempat wisata di Garut yang sering dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, hingga Cirebon. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk dapat mencapai Candi Cangkuang, Anda harus menaiki rakit untuk menyeberangi danau dengan biaya cukup murah. baca selengkapnya di Objek Wisata Candi Cangkuang Garut.

15. Tebing Alam Batu Tumpang

Anda pecinta panjat tebing. Ada satu spot yang harus anda taklukan di Garut. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1 jam. Batu Tumbang akan ditemui saat menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi. Rumah-rumah warga berada tidak jauh di sekitar objek wisata Batu Tumpang. Pemandangan alam di sekitar Batu Tumpang hampir mirip dengan kawasan Puncak Bogor.

Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka makanan dengan harga standar. Di akhir pekan, para pecinta alam sengaja datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing. Keunikan Batu Tumpang yaitu terdapat pada batu yang menumpang, karena itu pula tempat wisata di Garut yang satu ini dinamakan Batu Tumpang. Baca selengkapnya di Tebing Alam Batu Tumpang.


16. Pantai Puncak Guha

Terletak di Garut Selatan, Pantai Puncak Guha adalah sebuah tempat wisata di Garut yang bebas dari pedagang yang mengganggu pemandangan. Pantai Puncak Guha menawarkan keindahan panorama pantai yang dilihat dari atas tebing. Di bawah tebing itu Anda dapat melihat ratusan kelelawar. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Puncak Guha, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup karena jarang ada pedagang di Pantai Puncak Guha. Baca selengkapnya di Pantai Puncak Guha.

17. Taman Satwa Cikembulan

Tempat wisata di Garut yang satu ini biasanya menjadi salah satu pilihan keluarga untuk bermain bersama fauna, apalagi anak-anak, pasti mereka suka. Taman satwa Cikembulan terletak di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Provinsi Jawa Bar at.Letaknya berdekatan dengan objek wisata Situ Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Taman Satwa Cikembulan sangat cocok menjadi tujuan wisata edukatif bagi pelajar dan keluarga yang menyukai berkunjung ke kebun binatang. Bagi wisatawan dari luar kota yang ingin beristirahat dan menikmati liburan di desa wisata Cikembulan, pengelola pun menyediakan fasilitas penginapan di sekitar taman satwa Cikembulan. Baca selengkapnya di Taman Satwa Cikembulan.

Itulah Tempat Wisata di Garut yang Paling Terkenal dan Tidak Boleh Dilewatkan yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan wisata ke Garut untuk anda dan keluarga. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan wisata ke Garut ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tertarik dan tahu spot-spot menarik di Garut yang layak untuk dikunjungi.

Jangan lewatkan juga Objek Wisata Situ Bagendit Garut yang Masih Asri dan Nyaman.

Terima Kasih atas kunjungannya!

Tidak ada komentar: