Jumat, 26 Agustus 2016

Kemeriahan Berlibur Saat Hajat Laut di Pangandaran

Kemeriahan Berlibur Saat Hajat Laut di Pangandaran


Kemeriahan Berlibur Saat Hajat Laut di Pangandaran
fhoto & ref. dari mypangandaran.com

Wisata Pangandaran Jawa Barat │ Seperti halnya daerah wisata lainya di berbagai belahan dunia yang mempunyai tradisi atau kebiasaan unik guna mengenalkan dan mempromosikan kekayaan wisatanya, begitupun di Pangandaran, namun yang unik, tradisi yang sudah ada turun temurun ini merupakan perwujudan rasa syukur para nelayan terhadap Tuhan Allah Swt yang telah menganugerahkan laut sebagai sumber mata pencaharian bagi para nelayan. Tradisi ini di kenal dengan Tradisi "Hajat Laut" dari tahun ke tahun selalu mengankat tema yang berbeda, dan tahun ini yaitu "Tradisi Hajat Laut Masyarakat Pangandaran 2015" dengan sub tema "Nyucruk Galur Neda Syukur Pikeu Ajen Ka Lembur".

Asiknya Berlibur Saat Hajat Laut di Pangandaran, Seperti halnya daerah wisata lainya di berbagai belahan dunia yang mempunyai tradisi atau kebiasaan unik guna mengenalkan dan mempromosikan kekayaan wisatanya, begitupun di Pangandaran. Banyak hal unik yang akan anda dapati ketika berlibur pada saat hajat laut itu berlangsung diantaranya :

1. Acara Adat Kirab Dongdang

Pada acara tersebut wisatawan dapat dengan mudah berpartisipasi mengikuti jalanya acara, dengan berjalan kaki beriringan dengan rombongan yang penuh dengan nilai historis.

Kirab Dongdang merupakan arak-arakan semacam karnaval keliling Pangandaran dengan membawa Dongdang atau rumah-rumahan yang berisi berbagai macam benda sebagai wujud penghargaan bagi nenek moyang terdahulu dengan iringan musik dan seni tradisi ala kerajaan dengan kawalan para punggawa serta satu ikon berbentuk Naga dengan sosok putri yang berdandan menyerupai Nyi Roro Kidul.

2. Larung Dongdang

Setelah diarak dengan cara adat, kemudian dongdang didoakan dan dilarung ke tengah lautan, tradisi ini menjadi sangat menarik karena panitia menyediakan sejumlah perahu bagi siapa saja yang ingin menyaksikan larung Dongdang ke tengah lautan secara cuma-cuma, bagi wisatawan tentunya akan menjadi suatu atraksi yang menarik di mana benda-benda di larung ke tengah laut dan menjadi rebutan warga yang mengikuti jalanya prosesi tersebut.

3. Cucurak

Makan bersama atau cucurak ini akan menjadi sangat bermakna bagi wisatawan, menikmati tumpeng dengan berbagai jenis dengan keramah-tamahan warga masyarakat Pangandaran.

Setelah lelah melarung Dongdang ke tengah lautan kemudian dilanjut ke acara "Cucurak" yaitu makan tumpeng bersama yang di gelar di tengah jalan dengan ratusan tumpeng berjajar dan siap disantap, dan tumpeng-tumpeng tersebut merupakan wujud kesadaran masyarakat yang turut berpartisipasi dalam rangkaian acara hajat laut yang dipebolehkan dinikmati bersama baik wisatawan maupun seluruh warga masyarakat yang hadir.

4. Gelar Budaya Basisir

Pada gelaran tersebut wisatawan dapat dengan bebas menari dan mempelajari secara langsung tarian yang sudah ada sejak nenek moyang dulu yaitu Ronggeng Gunung.

Pada menjelang sore hari sampai tengah malam di gelar budaya basisir yaitu berupa pertunjukan kesenian, diantaranya Karinding performance, Jaipong dan Ronggeng Gunung, dimana pada gelaran tersebut warga dan wisatawan diajak berinteraksi menari dan berbaur mengikuti irama alunan gamelan tradisional yang khas.

5. Kemitan Dongdang

Kemitan Dongdang yaitu malam sebelum Dongdang-dongdang dilarung ke lautan, pada acara ini digelar dengan penuh khidmat dan penuh rasa syukur, dengan rajah Karinding tradisional yang mengajak para warga dan wisatawan mengenal budaya buhun yang menjadi tradisi yang mengakar di tengah-tengah masyarakat serta ada sawala budaya yaitu penjelasan mengenai arti-arti dari rangkaian acara Hajat Laut tersebut yang di sampaikan oleh Karuhun dan tetua adat dan sejarawan serta usatdz.

Wisatawan dalam kesempatan ini dapat mengetahui lebih detail lagi mengenai asal usul Pangadaran dengan berbagai keunikan budayanya. Itulah Kemeriahan Berlibur Saat Hajat Laut di Pangandaran yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya!

Tidak ada komentar: