Minggu, 28 Agustus 2016

Objek Wisata Situ Bagendit Garut yang Masih Asri dan Nyaman

Objek Wisata Situ Bagendit Garut yang Masih Asri dan Nyaman


Wisata Situ Bagendit Garut
Wisata Situ Bagendit Garut


Wisata Garut Jawa Barat │ Sudah pernah berkunjung ke Garut? Jika jalan-jalan ke sana, tentu belumlah lengkap kalau tidak mengunjungi tempat wisata yang cukup terkenal di daerah ini yaitu Situ Bagendit. Sepertinya di Kabupaten Garut memang banyak situ-situ (sunda : danau), mungkin karena topografinya yang dipenuhi lembah dan gunung-gunung. Dan tentu saja hal ini menjadikan landscape alami kota tersebut menjadi lebih cantik. 

Situ Bagendit adalah sebuah danau ( situ dalam bahasa sunda ) yang terletak di kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut. Situ Bagendit sendiri merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi karena letaknya yang mudah dijangkau. Tempat Wisata yang Masih Asri, objek wisata yang cukup indah dan alami berupa danau. Objek dan daya tarik wisata alam Situ Bagendit memiliki kualitas lingkungan, kebersihan dan bentang alam dalam kondisi yang baik. Bangunan-bangunan yang terdapat di kawasan, baik yang permanen maupun semi permanen, dalam kondisi terawat baik. 

Aktifitas wisata yang bisa anda lakukan di situ Bagendit antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi situ dengan rakit yang tersedia, ataupun menikmati suasana arena bermain dan pasar rakyat yang ada di sekitar danau . Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air. Situ Bagendit biasanya ramai dikunjungi pada hari sabtu – minggu atau pada hari libur.



Transportasi ke Situ Bagendit

Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, - Situ Bagendit merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.Danau Situ bagendit berbatasan dengan desa Banyuresmi di sebelah utara, kemudian berbatasan dengan desa Cipicung disebelah selatan. Berbatasan langsung dengan Desa Binakarya disebelah timur, dan desa Sukamukti pada  arah barat. 

Jarak kawasan wisata Situ Bagendit dari pusat kota Garut hanya sekitar 4 kilometer saja dan dapat dijangkau dengan beerbagai kendaraan. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka anda bisa naik angkutan kota jurusan terminal Guntur – Banyuresmi dan akan lewat tepat di samping Situ Bagendit langsung. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa andong atau delman .

Untuk menuju lokasi, anda bisa menggunakan angkutan umum dari terminal guntur – garut berupa Angkutan kota jurusan terminal guntur – banyuresmi . Situ Bagendit terletak tepat di sebelah kiri jalan. Selain itu, andapun bisa menggunakan andong/delman namun tarifnya cukup mahal.



Akomodasi

Di lokasi wisata situ bagendit terdapat area parkir yang cukup lega. Selain itu juga terdapat sarana bermain anak seperti track kereta api mini, sepeda air dan sejenisnya di area situ bagendit. Sarana lain seperti toilet dan Mushalla juga sudah tersedia.

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini yaitu penyewaan 60 buah rakit dengan tarif Rp.25.000/15 menit, 11 buah sepeda air dengan tarif Rp.10.000/15 menit yang dalam kondisi yang baik. Terdapat pula beberapa bangku taman dan 6 buah shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp.3.000/jam. Terdapat juga kereta api mini dengan tarif Rp.2.000 dan kolam renang dikawasan Situ Bagendit ini. Suasana di kawasan objek wisata ini tergolong cukup nyaman dikarenakan pembangunannya sudah direncanakan dengan baik oleh dinas pariwisata namun masih juga terdapat kios liar dan pedagang kaki lima yang dengan sembarangan menggelar barang dagangan mereka sehingga tingkat visabilitas di kawasan tersebut menjadi sedikit terhalang.Objek dan daya tarik wisata Situ Bagendit ini beroperasi pukul 07.00-17.00. Kondisi bangunan yang terdapat di kawasan ini dalam kondisi yang baik dengan jenis material bangunan permanen dan semi permanen dalam tata ruang yang cukup baik dikarenakan pembangunan di kawasan Situ Bagendit ini sudah direncanakan dengan baik. Dikawasan objek dan daya tarik wisata Situ Bagendit ini kualitas lingkungan, kebersihan dan bentang alamnya dalam kondisi yang baik.di kawasan ini terdapat pencemaran sampah dan vandalisme berupa coretan di bangunan dan pohon yang disebabkan oleh pengunjung.Visabilitas di kawasan ini sedikit terhalang, tingkat kebisingan yang sedang dan sedikit terdapat rambu iklan.

Objek wisata ini dikelola oleh Bapak Ajan Sobari dengan status kepemilikan berada di tangan pemerintah daerah yang kewenangannya dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dan pihak swasta yaitu Bapak Adang Kurnia. Berdasarkan perda no. 11 tahun 2001 harga masuk tiket ke kawasan ini Rp. 1.000/orang untuk dewasa dan Rp. 500/orang untuk anak-anak.


 Situ Bagendit Garut



Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Situ Bagendit Garut yang Masih Asri dan Nyaman. Baca artikel selanjutnya tentang Legenda Wisata Situ Bagendit Garut.

Terima Kasih atas kunjungannya!

Tidak ada komentar: