Selasa, 23 Agustus 2016

Menyusuri Citanduy Di Perbatasan Pangandaran

Menyusuri Sungai Citanduy Di Perbatasan Pangandaran

Menyusuri Citanduy Di Perbatasan Pangandaran


Wisata Banjar Jawa Barat │ Sobat wisata sudah mengenal yang namanya sungai Citanduy, yang suka mancing mania mungkin sudah tidak asing lagi kayanya, hehe !. langsung saja ya ke pembahasan. Sungai Citanduy merupakan aliran sungai yang telah membatasi dua propinsi yakni jawa barat dan propinsi jawa tengah yang salah satunya Desa Sukanegara, Kertajaya, Maruyungsari, dan Desa Paledah Kecamatan Padaharang Kabupaten Pangandaran. serta Desa Paledah Kecamatan Padaharang Kabupaten Pangandaran dengan Desa Sidanegara  Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jika menyusuri Citanduy Di Perbatasan Kabuputen Pangandaran yang ada di dua propinsi ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat disekitar sungai citanduy, bahkan sobat wisata bisa secara langsung akan menyaksikan pada setiap pagi siswa siswi terlihat menggunakan jasa penyebrangan di sungai citanduy menuju sekolah mereka yang berada di Desa Sidanegara  Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Adapun dengan Jasa penyebrangan di sungai citanduy ini, pada kesehariannya akan selalu ramai di gunakan warga, biasanya terkait dengan kebiasaan masyarakat seperti jika ada salah satu keluarga mereka di sebrang sungai mengadakan pesta nikahan atau pun ada sebuah keperlaun keluarga seperti hari raya dan lalin-lain tiba,

Biasanya masarakat banyak memanfaakan keberadaan sungai untuk beraktifitas salah satunya dengan menggunakan jasa rakit penyebrangan sebagai jalan pintas menuju jawa tengah atau sebaliknya, Tidak sedikit masyarakat dari kedua desa tersebut menjalin persaudaraan dengan ada ikatan pernikahan hinggga berbaur dua kebudayaan dan tradisi jawa barat dan jawa tengah.

Kenapa untuk Jasa penyebrangan di sungai citanduy diminati masyarakat untuk beraktivitas, ini disebabkan jika menggunakan akses jalan raya mereka harus memutar kurang lebih 40 km menuju ke kecamatan padaherang atau menuju desa sidanegara  kecamatan kedungreja, kabupaten cilacap, tentunya bisa menghemat waktu, dan ekonomis dari pada harus memutar dan mengeluarkan ongkos untuk membeli bahan bakar kendaraannya.

Untuk ongkos jasa penyeberangan perahu ini ternyata sangat terjangkau, hanya seharga Rp. 2000 - Rp. 3000,- rupiah saja sudah bisa dinikmati masyarakat, jika sobat ingin mencobanya daiharapkan tetap berhati-hati karena fasilitas kemanan yang ada untuk jasa penyeberangan ini masih sangat minim.

Mungkin hanya itu saja untuk ulasan tentang Menyusuri Citanduy Di Perbatasan Pangandaran, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya!

Tidak ada komentar: