Sabtu, 30 Juli 2016

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Favorit di Kunjungi Wisatawan

Tempat Wisata di Bogor yang Paling Banyak di Kunjungi Wisatawan


Tempat Wisata di Bogor


Wisata Bogor Jawa Barat │ Apasaja Tempat Wisata di Bogor yang Paling Favorit di Kunjungi Wisatawan? Nah Sobat bisa simak ulasan dibawah ini. Tempat-tempat Wisata yang berada di Bogor yang paling favorit di kunjungi para wisatawan domestik maupun dari mancanegara diantaranya sebagai berikut :

1. Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden)


Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden)

Kebun Raya Bogor telah berada di lahan seluas 87 hektar serta menawari anda keberadaan dari 400 tipe pohon palem, 5.000 pohon dari semua negeri tropis, & rumah anggrek bersama 3.000 varietas. Bayangkan dgn jumlah seperti itu menciptakan Kebun Raya Bogor yang merupakan pelabuhan utk 3.504 tipe tumbuhan dalam 1.273 genus & 199 species.

Kebun raya Bogor atau tidak jarang dinamakan sebagai Bogor Botanical Garden, ini hasil inisiasi oleh Sir Thomas Stamford Raffles thn 1811‐1816. Raffles ketika menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda mendatangkan tanaman dari Kebun Raya Gardens Kew di Inggris seterusnya ditanam dikebun ini. Raffles mula-mula cuma menciptakan kebun berukuran kecil buat mengingatkan terhadap istrinya.

2. Taman Safari Indonesia


Taman Safari Indonesia yakni sebuah tempat wisata di Bogor yang telah dikonsep sebagai wisata keluarga, berwawasan lingkungan yang telah berorientasi terhadap habitat satwa di alam bebas.

Sedangkan lokasi tempat Taman Safari Indonesia berada di Desa Cibeureum Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat Indonesia atau mungkin yang telah dan lebih dikenal dengan sebuah kawasan Puncak. Taman Safari Indonesia sudah berfungsi sebagai penyangga dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diketinggian 900‐1800 Meter di atas permukaan laut, disertai suhu rata‐rata 16 ‐ 24 derajat Celsius.

Adapun salah satu keunikan pada tempat wisata di Bogor ini seperti dari kebun binatang lainnya di Indonesia seperti pengunjungnya bisa berkeliling ke semua tempat-tempat untuk dapat menyaksikan lebih dekat pada semua jenis binatang serta dengan memakai mobil pribadi dan juga naik bus yang sudah biasa disediakan pihak pengelola Taman Safari Indonesia ini. Pengunjung dapat jiga berinteraksi langsung sampai dengan memberi makan hewan‐hewan yan ada tersebut.

3. The Jungle Adventure Water Park Bogor

The Jungle Adventure Water Park Bogor

Wahana Air dengan luasan 3.8 ha, di tahun kelima jumlah pengunjung mencapai 3000 Pengunjung perharinya. Dan meraih 5 ( lima ) kali TOP BRAND pilihan Pengunjung.

Fasilitas wahana yang dimiliki The Jungle Bogor antara lain : Racer Slide, Lazy River, Giant Aquarium, Tower Slide, Leisure pool, Kiddy Pool, Kolam Air Hangat (Kawah Ratu), Wavepool, Fountain Futsal, Kidsclub, Rumah Hantu, Cinema 4D
Bird park, Paint Ball dan ada juga Flying Fox.

4. Kampung Budaya Sindangbarang


Kampung Budaya sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang ini merupakan sebuah Kampung Tertua untuk daerah kota & kabupaten Bogor, sedangkan menurut sumber naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Berdasarkan menurut Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Sunda lebih kurang pada abad ke XII. Yang Lokasinya terletak di desa pasir eurih kecamatan tamansari kabupaten Bogor Jawa Barat. Berjarak hanya 5 km kota Bogor.

Menurut cerita bahwa disinilah dahulu terdapat suatu Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang dengan nama Ibukotanya Kutabarang. Disinilah tempat digemblengnya para satria‐satria kerajaan. Serta disini juga kebudayaan Sunda Bogor bermula yang bertahan hingga kini seperti dalam wujud acara Upacara Adat Seren Taun.


5. Taman Buah Mekarsari


Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah‐buahan tropika yang merupakan yang terbesar didunia, apalagi segala jenis buah‐buahan unggul yang telah dikumpulkan dari seluruh penjuru Indonesia, sekaligus sebagai tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) serta perbanyakan bibit unggul yang kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat.

Taman Buah Mekarsari ini berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini bisa dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bogor maupun Bekasi, jurusan yang menuju ke Jonggol.


6. Situ Gede

Situ Gede
Adalah nama sebuah danau kecil (situ atau setu berarti telaga) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor.

Terletak di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan, telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan‐jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi wisata alam di Bogor ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebetulnya berdekatan, atau berada dalam satu sistem, dengan beberapa situ yang lain di dekatnya. Yakni Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung. Yang terakhir ini terletak di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Tidak berapa jauh dari danau ini terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research; dan ICRAF, The World Agroforestry Center), Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga.


7. Istana Bogor


Istana Bogor
Merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Salah satunya adalah keberadaan rusa‐rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

Saat ini sudah menjadi trend warga Bogor dan sekitarnya setiap hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya berjalan‐jalan di seputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa‐rusa indah yang hidup di halaman Istana Bogor dengan wortel yang diperoleh dari petani‐petani tradisional warga Bogor yang selalu siap sedia menjajakan wortel‐wortel tersebut setiap hari libur.


8. SKI Bogor

SKI Bogor

Berawal dari toko tas, SKI Tas Tajur Katulampa atau lebih dikenal SKI Bogor kini menjadi one stop shopping and recreation. Mau belanja tas, sepatu, dan pakaian, hingga permainan, bahkan klub dansa, ada di sini.

Bogor mempunyai wisata belanja tas tajur di Katulampa. Yang pertama dan terbesar adalah perusahaan Sumber Karya Indah (SKI)‐ diresmikan pada 23 Februari 2002. Awalnya, SKI Bogor hanya mempunyai toko di di kawasan Tajur. Kemudian, toko ini melirik kawasan Katulampa. Tepatnya di Jl. Raya Katulampa
No.6, Bogor.


9. Taman Wisata Matahari


Taman Wisata Matahari
Obyek wisata yang bertemakan Recreation and Education Park memiliki areal 30 Ha serta mampu menampung pengunjung s.d. 50.000 orang. Fasilitas yang lengkap ditawarkan oleh Taman Wisata Matahari untuk berbagai macam kegiatan pengunjung, mulai dari penginapan, kolam renang, area Flying Fox, area Motor ATV, arung jeram, arena bermain anak dll. Obyek wisata menarik yang berada di Taman Wisata Matahari diantaranya Paket Agro sawah, Paket sayur organik, Panorama Air Terjun Curug Panjang.

Selain beberapa tempat wisata di Bogor yang sudah kami simpulkan diatas, masih banyak artikel menarik lain tentang tempat wisata di Bogor, yaitu : Aneka Taman di Kota Bogor, Museum di Kota Bogor, Tempat Wisata di Sentul, Wisata Air Panas di Bogor, Wisata Air Terjun Di Bogor dan Sekitarnya serta Tempat wisata di Puncak Bogor.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: