Minggu, 31 Juli 2016

Objek Wisata Situ Gede Tasikmalaya

Objek Wisata Situ Gede Tasikmalaya


Situ Gede Tasikmalaya


Wisata Tasikmalaya Jawa BaratObjek Wisata Situ Gede Tasikmalaya terletak di antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di kota santri ini ternyata memiliki beberapa potensi wisata yang mengagumkan, yang salah satunya adalah Objek Wisata Situ Gede. Danau yang terbentuk alami ini biasa dikenal warga dengan nama Situ Ageng. yang memiliki luas kira-kira 47 hektar yang kedalaman airnya antara 1,5 meter sampai dengan 6 meter.

Objek Wisata ini menjadi tujuan wisata favorit dikarenakan danau ini merupakan wisata alam salah satu yang ada di wilayah pemerintahan Kota Tasikmalaya dan dekat dengan pusat kota. dan yang sobat harus tahu bahwa Danau ini merupakan obyek wisata air yang paling potensial di wilayah Priangan Timur dan dikunjungi oleh cukup banyak pelancong dari dalam maupun luar kota, bahkan dari luar daerah. 

Situ Gede Tasikmalaya

Dalam perkembangannya Objek Wisata Situ Gede ini sebagai sarana irigasi pertanian tidak lepas dari peranan pemerintah kolonial Hindia Belanda. Pada tahun 1932, mengembangkan danau alami ini sebagai menampung air dari sumber mata air Cikunten yang berhulu di Gunung Galunggung. Yang kemudian dimanfaatkan untuk mengairi sekitar 4.000 hektar sawah yang ada disekitar Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan Cibeureum. Danau ini juga berperan sebagai hutan penyeimbang ekosistem tanaman tropis yang tumbuh disekitr danau ini. Sebagian besar dari penduduk setempat menggantungkan hidupnya pada populasi habitat biota di Situ Gede yang merupakan sebagai sumber penghasil ikan sehingga disini juga masyarakat kerap memanfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan.

Daya tarik Objek Wisata SItu Gede adalah pada sebuah pulau yang berada di tengah-tengah danau yange luasnya kurang lebih 1 Ha dan terdapat makam Eyang Prabudilaya, ia merupakan seorang tokoh penguasa pada masanya yang tlah menjadi mitos serta legenda bagi masyarakat Tasikmalaya. Makam Eyang Prabudilaya ini masih dikeramatkan oleh masyarakat disekitarnya. Maka dari itu, Situ Gede ini bisa dijadikan tujuan wisata religi sekaligus wisata sejarah.

Obyek wisata alam Situ Gede bisa menjadi tempat wisata yang ingin mengisi liburan setiap pekan dengan menyaksikan keindahan danau yang masih asri. Sobat bisa leluasa menikmati indahnya Situ Gede dan menyusuri danau dengan sebuah rakit yang dapat disewa dengan harga yang bisa dibilang relatif murah. Harganya hanya sebesar Rp 10.000.- saja.


Situ Gede Tasikmalaya

Sambil asik menyusuri danau, Sobat juga bisa mengunjungi pulau yang berada di tengah danau untuk berziarah di Makam Eyang Prabudilaya atau hanya sekadar melihat-lihat saja. Para visitor juga dipersilahkan menikmati teduhnya hutan dengan berbagai flora dan fauna, tapi tidak diperbolehkan melakukan aktivitas perburuan. Selainnya juga akan disuguhi pesona wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami yang berada disekitarnya sehingga menambah asri pemandangan, serta ditemani nuansa pedesaan yang sejuk dan segar. Di sini juga, Sobat bisa melakukan beberapa aktivitas lain seperti memancing dan menjaring ikan. Di kios-kios yang terdapat di sekitar danau, disediakan tempat makan yang telah menyajikan berbagai menu kuliner ikan. Setelah itu sobat bisa menghabiskan waktu selama mungkin sambil menikmati panorama Situ Gede di sore hari menjanjikan pesonanya.

Situ Gede Tasikmalaya
Senja di Situ Gede
Obyek wisata Situ Gede berjarak hanya sekitar lima kilometer ke arah barat dari pusat Kota Tasikmalaya, yaitu terletak di Kelurahan Linggajaya, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. lihat pada peta dibawah ini :


Untuk akses transportasi Sobat bisa saja menggunakan kendaraan pribadi, serta bisa juga memanfaatkan fasilitas angkot (angkutan kota) No. 04 jalur dari Terminal Pancasila di Kota Tasikmalaya. Akan tetapi, dari tempat turun angkot, masih harus berjalan kaki kira-kira sejauh 1 kilometer sampai ke lokasi.

Harga Tiket cukup terjangkau, yaitu pengunjung berusia dewasa bertarif Rp 4.000,- sementara untuk anak-anak sebesar Rp 2.000/orang (2009) "Sekarang belum dicek". Pengunjung dengan kendaraan pribadi dikenakan tambahan tarif parkir, untuk sepeda motor Rp 1.000 dan untuk mobil hanya Rp 2.500.

Akomodasi dan Fasilitas diantaranya menyediakan beberapa fasilitas-fasilitas pendukung, terutama fasilitas olah raga, jalan yang mengitari danau, contohnya, diatur sedemikian rupa maka sanggup dimanfaatkan yang merupakan lintasan lari bagi visitor yg mau laksanakan olahraga jogging. Tiap-tiap akhir minggu, tidak sedikit visitor yg berolahraga di lintasan lari tersebut. Tidak Hanya itu, Kamu serta dapat memakai beragam sarana lain yg disediakan, antara lain gazebo, taman, & bumi perkemahan (camping ground). dilengkapi juga dengan beberapa sarana pendukung, seperti masjid, areal parkir dan toilet.

Baca artikel selanjutnya Objek Wisata Budaya Kampung Naga Tasikmalaya, terimakasih atas kunjungan sahabat, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: