Selasa, 17 Mei 2016

WISATA TAMAN-TAMAN DI BANTARAN SUNGAI CITANDUY KOTA BANJAR

WISATA TAMAN-TAMAN DI BANTARAN SUNGAI CITANDUY KOTA BANJAR

TAMAN-TAMAN DI BANTARAN SUNGAI CITANDUY KOTA BANJAR
TAMAN-TAMAN DI BANTARAN SUNGAI CITANDUY KOTA BANJAR

Bersantai Di Pinggir Sungai Citanduy

Wisata Kota Banjar Jawa Barat Berbicara tentang sungai Citanduy tentu sudah tidak asing lagi kalau kita berada di Kota Banjar karena sungai ini yang membelah separuh Kota Banjar yang berada tepatnya di kawasan kecamatan Purwaharja. Meski bukan menjadi destinasi wisata yang komersil tapi banyak warga yang nongkrong-nongkrong di pinggiran Taman Bantaran Sungai Citanduy ini lantaran memiliki kenyamanan serta pemandangan bagus. Alasannya beberapa titik di pinggir sungai ini telah dibangun taman-taman sangat cantik, sehingga nyaman untuk dikunjungi.


Lain cerita ketika saat debit air Sungai Citanduy sedang menyusut, ada sebuah penampakan langka yang muncul ke permukaan sungai dan menjadi objek tontonan masyarakat yaitu sebuah tank peninggalan jaman Belanda. Tank baja ini tidak diketahui dengan pasti apa penyebab tenggelamnya kedalam sungai dan yang pastinya saat tank muncul ke permukaan banyak sekali anak-anak yang menonton bahkan menjadikannya wahana bermain.

Seiring terus menggeliatnya pembangunan Kota Banjar yang terus berinovasi dan membenahi wilayahnya, terbukti semakin bertambahnya Lahan terbuka Hijau di kota banjar, seperti pemanfaatan lahan kosong dan tak terpakai dijadikannya Taman-taman Bantaran Sungai Citanduy yang cantik dan menjadi daya tarik sendiri terhadap Kota Banjar, warga merasa mempunyai fasilitas tempat untuk sekedar nongkrong, melepas kepenatan, menyalurkan hobi-hobi, atau mungkin mencari ide-ide segar dan tentunya masih banyak lagi.


Pembangunan Taman-taman Bantaran Sungai Citanduy kota ini tentunya segala sesuatunya diperhitungkan dengan matang, sehingga kawasan-kawasan sekitarnyapun menjadi nilai tambah tersendiri, contohnya dimulai dari penanfaatan lahan kosong di depan terminal banjar, dimana dulunya adalah tempat mengadu burung dara, sekarang sudah dibangun menjadi gedung Pusdai serta dipercantik dengan taman-taman yang sungguh luar biasa, begitupun dengan yang di belakang Patroman Medical Center, menjadi taman yang indah, dan ada juga pemanfaatan lahan Lapang Bakti kini menjadi taman kota yang selalu ramai di sore sampai malam hari. ternyata Ide awalnya dari banyaknya taman-taman kota berasal dari dibelakang Balai Kota sehingga menjadi cikal bakalnya, kemudian menjadi merembet ke sebrangnya yang tak kalah indannya,bahkan bisa menjadi taman yang paling sejuk dan asri.

Sungai Citanduy memang sudah menjadi primadona utama taman yang berada di Kota Banjar, disebabkan sebagian besar taman ada disepanjang bantaran sungai Citanduy, sungai yang membentang di tegah kota yang menjadikan pemandangan tersendiri untuk kota ini. Sungai Citanduy masih tertata rapi, dan masih menjadi tempat para penambang pasir, dan tentunya hal ini menjadi nilai tambah untuk kota Banjar.

Masing-masing Taman-taman di Kota Banjar memang mepunyai ciri khas disain yang hampir sama namun disetiap taman-tama itu akan ada sesuatu yang nampaknya berbeda semisal taman di depan terminal ikonnya ada tempat pertunjukan dan gedung PUSDAI, taman yang dibelakang patroman Medical Center ciri khasnya adalah ada tiang2 yang apabila di lihat dari depan akan menyajikan pemndangan yang indah,untuk taman kota eks Lapanga Bhakti ikoniknya ada`lah tempatnya yng luas dan aneka sport centernya,sedanggkan untuk yang dibelakang balai kota identitasnya terletak pada tempat duduk dan tanamannya,dan yang diseberangnya identik dengan tempatnya yang teduh dan jembatan buatan yang mempesona.

penasaran kan dengan taman di Kota Banjar,tak ada salahnya week end ini kita luangkan waktu sejenak untuk mampir ke Kota Banjar menikmati alam yang tenang dan teduh menghilangkan penat dan menghemat penggeluaran,dari pada tiap week end  datang ke mall,maka tak ada salahnya datang ke kota banjar.

Terimakasih atas kunjungannya!

Tidak ada komentar: