Selasa, 17 Mei 2016

OBJEK WISATA ALAM DESA MANDALARE CIAMIS

OBJEK WISATA ALAM DESA MANDALARE CIAMIS

OBJEK WISATA DESA MANDALARE CIAMIS 2017
DESA MANDALARE

Wisata Ciamis Jawa Barat │ Tempat ini terbilang masih baru belum lama, tempat ini berada di kawasan gunung Mandalare, Desa Mandalare terletak di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis dengan batas sebelah timur Desa Kertamandala kecamatan Panjalu sebelah barat Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan sebelah utara Desa Panjalu Kecamatan Panjalu dan sebelah selatan Gunung Syawal. yang merupakan sebagian merupakan yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan yang merupakan rangkain dari gunung Sawal. 


LEGENDA DAN SEJARAH

Wilayah pedesaan Mandalare dahulunya adalah berupa hutan belantara dengan hutan  Gunung Syawal.  Wilayahnya tepat berada sebelah Utara dikaki  Gunung  Sawal. Karena keadaan  hutan yang rimbun dan kelebatan  pepohonan konon katanya dahulukala   daerah  ini  dijadikan  tempat untuk berburu babi hutan yang dilakukan oleh masyarakat dari perkotaan.

Karena tempat ini sudah potensial dan strategis serta didukung  oleh kandungan tanah yang subur dan berpotensi pengairan, aliran sungai cukup baik yang  bersumber  dari mata air di gunung sawal, maka Masyarakat sekitar terutama masyarakat diwilayah Panjalu  melihat situasi ini, mulailah berdatangan beberapa keluarga yang membuka hutan untuk dijadikan  lahan  pertanian yang  akhirnya   menjadi cikal bakal sebuah perkampungan.

Seiring perkembangan   warga yang  terus  menyebar.   Lereng gunung   yang  dahulunya  hutan   belantara   yang  ditumbuhi  pohon  besar  dan berbagai   margasatwa, berubah menjadi perkampungan disana sini. Pemerintahan Kecamatan Panjalu pun pada ahirnya menjadikan wilayah ini menjadi sebuah desa, yaitu  Desa  Mandalare. Pada awalnya desa Mandalare terdiri  dari  12 dusun, yaitu : Dusun Mandalare, Taringgul, Dusun Panyingkiran, Dusun Balapulang, Ciroyom, Balandongan, Kertamandala, Cibungur, Banjar, Tembong, Selauni, Kertamandala.

Perkembangan yang sangat pesat, masyarakat yang umumnya bercocok tanam dikaruniai  tanah  yang subur   dan   pengairan   yang   mencukupi  menghasilkan pertanian yang sempurna. Hal ini mendorong pertumbuhan pedesaan yang pesat yang pada akhirnya pada  tanggal 25 Desember 1985   menggugah   pemerintahan    Desa  Mandalare   memekarkan  desanya menjadi  2  desa  yaitu   Desa (Mandalare dan Kertamandala). Sehingga Desa Mandalare sekarang hanya terfokus pada 6 dusun, Adapun enam dusun yang dimaksud yaitu: Dusun Mandalare, Panyingkiran, Balapulang, Ciroyom, Taringgul, Balandongan.

Terimakasih atas kunjungannya anda, semoga bermanfaat ....!

Tidak ada komentar: