Rabu, 07 September 2016

Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut

Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut 



Wisata Garut Jawa BaratWisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah, Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahuinya. yang tepatnya di dua sungai yaitu Sungai Cimanuk  dan Cikandang.

Sungai Cimanuk.

Sungai Cimanuk Merupakan sebuah sungai untuk diarungi. Lokasinya dari kota hanya sekitar 20 menit menuju tempat start. Walaupun panjang pengarungannya tidak sejauh sungai Cikandang (sekitar 7 s/d 15 Km untuk longtrip, dengan waktu tempuh 3 - 5 Jam), namun untuk jeram-jeram yang ada tidak kalah menantang dengan sungai Cikandang. Terdapat variasi rute start - finish ( short / long trip ) disesuaikan dengan keinginan anda.

Sungai Cikandang.

Merupakan sebuah sungai yang sangat menantang untuk diarungi sungai Cikandang, bagi pemula mungkin dirasa terlalu berat, cocok bagi anda yang memiliki hasrat berpetualang tinggi. Lokasi tepatnya di daerah Cijayana, panjang pengarungan mencapai 28 Km dengan lebar sungai bervariasi antara 5 sampai 8 meter yang berhulu di kaki Gunung Papandayan dan bermuara di laut selatan Jawa Barat. Kelebihan sungai ini ialah kualitas alam termasuk kualitas airnya masih terjaga dengan baik serta debit air hampir tidak terpengaruh oleh musim, sehingga pengarungan bisa dilakukan hampir di setiap saat serta dengan memiliki kemiringan sungai yang curam sehingga menghasilkan jeram-jeram yang menantang,


Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut 

Kondisi medan sungai dan arus airnya aman, selain medan yang menyenangkan, pemandangan di sepanjang sungai sangat bagus. Di sepanjang aliran sungai melewati kebun dan pesawahan warga, serta pemukiman yang berada di kawasan kota. Sungai Cimanuk membelah kawasan perkotaan yang memisahkan antara Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Garut Kota, jadi wisata arung jeram merupakan wisata andalan Garut.

Secara umum medan Sungai Cimanuk cukup aman bagi para pehobi arung jeram profesional maupun pemula selain Wisata Arung Jeram Garut ada juga kegiatan wisata seperti River Tubing Sungai Cimanuk dan Wisata Riverboarding.

Trek arung jeram Sungai Cimanuk meliputi Kampung Padarek Kecamatan Bayongbong – Lapang Faris Kecamatan Tarogong Kidul – Janger atau Patrol Kecamatan Banyuresmi – Leuwigoong – Sasak Beusi Cibatu. Ada banyak penawaran untuk Harga Paket Arung Jeram Garut, salah satunya adalah : Rp. 275.000,- / Orang (Minimal 20 Orang).

Fasilitas yang disediakan Paket Arung Jeram Garut diantaranya adalah : Instruktur/Guide Profesional & Berpengalaman, Tim Rescue Profesional & Berpengalaman, Arung Jeram 1,5 - 2 Jam (7 - 10 Km), Makan Siang, Transportasi Lokal, Safety Prosedure All in, dan Asuransi Kecelakaan. Bagaimana, Sahabat tertarik untuk mencoba?,

Jangan lewatkan juga artikel  selanjutnya Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Garut.

Terima kasih, semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar: