Jumat, 22 Juli 2016

Objek Wisata Alam ke Taman Hutan Raya Djuanda

Objek Wisata Alam ke Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda

Wisata Bandung Jawa Barat Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau biasa dinamakan dgn Tahura Djuanda, terbentang dari Dago Pakar (Curug Dago) sampai ke Maribaya-Lembang. Wilayah Bandung sebelah utara, tempat wisata alam yang dekat untuk diakses dari pusat Kota Bandung. Wilayahnya yang luas, sebahagian masuk wilayah kota Bandung sedangkan sebahagian yang lain termasuk juga wilayah Kab Bandung Barat. Lantaran lokasinya berada di dua daerah tersebut, maka Tahura Djuanda dikelola oleh Lembaga Kebudayaan & Pariwisata Propinsi jabar. 

Awalnya Tahura Djuanda termasuk juga dalam kawasan Hutan Lindung Gunung Pulosari yang telah diresmikan pemerintah Hindia Belanda kepada th 1922. Sesudah proklamasi kemerdekaan, status hutan ini jadi kawasan hutan negeri, yg selanjutnya dikonsep yang merupakan kawasan hutan wisata & kebun raya. Kepada th 1963, Ir. R. Djoeanda Kartawidjaja (Pertama Menteri Republik Indonesia terakhir & penggagas deklarasi Djuanda) meninggal & namanya diabadikan yang merupakan nama kawasan hutan ini bersama nama Kebun Raya Rekreasi Ir. H. Djuanda bersamaan dgn perubahan nama Jl. Dago jadi Jl. Ir. H. Djuanda. 

Pada tahun 1980, status hutan ini dalam kawasan taman wisata bersama nama Taman Wisata Curug Dago. Atas usul Mashudi & Ismail Saleh, status taman wisata ini beralih jadi Taman Hutan Raya lewat Kepres No. 3 Thn 1985 yg diresmikan bertepatan bersama hri lahir Ir. H. Djuanda terhadap tanggal 14 Januari 1985 & tertulis sbg Taman Hutan Raya mula-mula di Indonesia. 

Kekhasan vegetasi hutan dataran tinggi tampak dari lumayan dominannya tumbuhan Pinus (Pinus merkusii) di wilayah yg terletak di Sub-DAS Cikapundung ini. Tidak Hanya pinus, di Tahura Djuanda masihlah tersimpan keanekaragaman hayati yg fantastis. Tertulis ada 2500 varietas tanaman yg menyebar dalam 40 familia & 112 genus. Koleksi tumbuhan ini berasal dari Kebun Raya Bogor & yakni koleksi tumbuhan dari bermacam daerah di Indonesia. 

Tidak Hanya ketajiran alam yg luar biasa ini, di Tahura Djuanda terdapat sekian banyak objek yg jadi daya pikat kawasan ini. Diantara objek tersebut yakni Museum Ir. H. Djuanda, Gua Belanda, Gua Jepang, Curug Omas, Curug Koleang, Curug Kidang. Buat mencapai bermacam macam objek tersebut, kita akan melintas jalan setapak beralas paving block yg terbentang dari gerbang Selatan di Dago Pakar sampai gerbang Utara di Maribaya.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: