Kamis, 26 Mei 2016

OBJEK WISATA PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN

OBJEK WISATA PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN

PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN
PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN

Wisata Pangandaran Jawa Barat | Ada banyak tempat wisata di Pangandaran selain dari Objek Wisata Alam Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu, Pantai Karapyak dan Pantai Madasari, Kab Pangandaran tetap mempunyai satu pantai yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Karang Nini. 

Pantai ini mempunyai keistimewaan letaknya yang berada di balik rerimbunan hutan. Perpaduan wisata pantai dan hutan niscaya menawari pengalaman yang berlainan. 

Legenda Karang Nini 

Objek Wisata Alam Pantai Karang Nini Pangandaran yang dinamakan Karang Nini yakni suatu batu karang, yang sepintas seperti wujud badan nenek-nenek (nini berarti nenek dalam bahasa Sunda). Inilah kenapa pantai ini disebut pantai Karang Nini. 

Ada legenda yang sudah mengiringinya. Konon, jaman dulu di kampung Emplak tinggalah sepasang kakek dan nenek bernama Ki Arga Plara & Ni Ambu Kolot. Sang kakek merupakan satu orang penangkap ikan. Tiap-tiap hari beliau melaut buat mencari ikan. Sebahagian untuk dimakan, sisanya dipasarkan. 

Seluruhnya berlangsung bersama manis, hingga terhadap pada suatu hari, berlangsung sesuatu yg tidak biasa. Sang kakek tidak pun pulang dari laut. Si nenek, pasti saja cemas. Dia khawatir ada sesuatu yang tidak di inginkan kepada diri sang suami. 

Berjalanlah beliau menelusuri pantai sambil memanggil-mangil sang suami. Tapi malang, hingga tengah malam menjelang si kakek belum datang juga. 

Masyarakat setempat ikut menolong mencarikan sang kakek. Namun masih tidak ditemukan. Lantaran telah sedemikan larut, para warga mulai sejak pulang ke rumahnya masing-masing. Tinggalah si nenek sendiri di pinggir pantai. Firasatnya buruk. Sambil tersedu, beliau berdoa terhadap Yang Maha Kuasa, supaya mampu dipertemukan sang suami bagaimanapun kondisinya. 

Doanya dikabul. Tak beberapa lama seterusnya, menjelmalah di hadapan si nenek satu buah batu karang yg mengambang. Konon itu adalah perwujudan si kakek yang nyatanya sudah wafat. 


PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN
PANTAI KARANG NINI

Wisata Pantai & Hutan 

Obyek Wisata Alam Pantai Karang Nini Pangandaran lokasinya tersembunyi di balik bukit yang dikelilingi oleh rimbunnya hutan. Pasti saja, lantaran destinasi ini masuk dalam kawasan hutan negeri yang dikelola oleh Perum Perhutani. 

Dipantai ini kita dapat menikmati keindahannya.serta memandang birunya samudera dari atas bukit. Di bawah sejuknya rimbun pepohonan. sobat dapat menyaksikan Sagara Anakan dari kejauhan, bahkan sejak memasuki pintu gerbangnya. Serta Pulau Nusa Kambangan dan teluk Pananjung di selatan yg membayang di horizon. Juga kelokan jalan kereta api peninggalan Belanda yg menghilang di ujung terowongan.

Seandainya mau memandang lebih luas, kita harus naik ke menara pandang yang di lengkapi teropong untuk menikmati keindahan Karang Nini dari ketinggian. Puas menikmati pantai dari titik teratas, sobat dapat menuruni bukit menuju pantai yg landai sambil main-main dgn ombak & melihat dari dekat yg disebut "Karang Nini".

Pondok Wisata 

Objek Wisata Alam Pantai Karang Nini Pangandaran yang paling special di Karang Nini terkecuali menikmati keindahan pantainya ialah sedia 5 buah pondok wisata untuk menginap. Pondok berarsitektur tradisional Sunda ini mempunyai kapasitas dengan tiga kamar. Pasti saja bakal seru apabila kita dengan keluarga atau sahabat dengan bermalam dipinggir pantai seperti di Karang Nini. 

Deburan ombak dan suasana hutan dapat memberikan suasana lainnya. Terlebih jikalau ditemani makanan seperti ikan bakar & jagung bakar malam-malam. 

Objek Lainnya 

Objek Wisata Alam Pantai Karang Nini Pangandaran tetap ada sekian banyak obyek-obyek yang mampu dikunjungi. Khususnya bagi yg menyenangi histori. Ada makam Cikabuyutan & mata air Sumur Tujuh yg diakui bakal menciptakan orang awet bujang & sanggup menyembuhkan beraneka penyakit 

Ada sekian banyak goa keramat, seperti Goa Dompet, Goa Panjang, Goa Parat & Goa Pendek, yang masing-masing mempunya ciri khas dan kisah yg berlainan. Gua Panjang konon diakui ialah jalan tembus menuju Kasunanan Cirebon. Ada makam Eyang Anggasinga Wencana & Mahapatih Bagaspati. 

Aquarium alam di muara Cipabongkokan, di mana ketika air laut surut, kita bisa menikmati pemandangan beragam ikan hias yang terjebak di relung-relung terumbu karang.

Terowongan Terpanjang, Wisata Alam Pantai Karang Nini ada satu lagi obyek yg menarik. Ialah adanya terowongan kereta api tua yang sejak thn 1981 sudah tidak lagi diperlukan. Area terowongan lanjut usia ini terletak di perbatasan antara desa Bagolo & desa Emplak.

Terowongan Wilhelmina Pangandaran
Terowongan Wilhelmina Pangandaran 
Terowongan ini dibangun pada tahun 1914 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen yang sejak mulai dimanfaatkan kepada 1921. Namanya terowongan Wilhelmina, membawa nama sang Ratu Belanda yang bertahtapada diwaktu itu. 

Konon terowongan ini merupakan yg terpanjang di Indonesia, merupakan sepanjang 1.116 meter. Dibangun buat beri dukungan rute kereta api jurusan Banjar – Cijulang sejauh 82 kilo meter.

Fasilitas-fasilitas

Objek Wisata Alam Pantai Karang Nini Pangandaran mempunyai media kantor informasi, pondok wisata, mushola, warung/kedai, camping ground, play ground & areal parkir seluas ± 300 meter. Tapi jalan masuk ke obyek wisata sepanjang 2 kilo meter dalam keadaan yang kurang bagus. Biarpun demikian, Pantai ini sayang untuk dilewatkan. Menyangkut harga ticket masuk, pondok, silahkan saja menghubungi telephone di nomor : 0265 – 771042.

Aksesibilitas dan Tempat Wisata

Objek Wisata Alam Pantai Karang Nini terletak di antara trayek Ciamis Pangandaran. Tepatnya berada di desa Emplak Kecamatan Kalipucang.  Dari kota Ciamis akan ditempuh sekitar 80 kilometer. Sedang dari Pangandaran, kira-kira lebih 10 kilo meter atau sekitar 20 menit. 

Buat menuju ke Pantai ini sobat dapat memanfaatkan kendaraan pribadi atau pula kendaraan umum. Cuma saja, apabila sobat memanfaatkan kendaraan umum, sobat mesti menempuh jalan kurang lebih 2 kilometer dari jalan penting untuk sampai ke obyek wisata ini.  untuk memudahkan akses ke lokasi bisa langsung melihat peta dibawah ini :



Terima kasih atas kunjungannya, Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.