Kamis, 26 Mei 2016

WISATA PANTAI PANTAI BATU HIU PANGANDARAN

WISATA PANTAI PANTAI BATU HIU PANGANDARAN 

Gerbang ke Bukit Berbentuk Ikan Hiu
Gerbang ke Bukit Berbentuk Ikan Hiu

Wisata Pangandaran Jawa Barat | Apakah sobat sudah berkunjung ke Pantai Batu Hiu ini? jika sudah tentu sudah mengetahui dengan jelas bagaimana eksotisnya pantai ini. untuk itu Pantai Batu Hiu Pangandaran mungkin sebagai Tanah Lot-nya di Jawa Barat.

Pantai ini benar-benar telah ternama sejak lama. Ya, tidak cuma pasti saja pantai Pananjung Pangandaran, Pantai Batu Karas & Karang Nini. Mereka yakni pantai-pantai paling indah di Jawa Barat yg amat sangat ternama. Mengapa dinamakan Pantai Batu Hiu? Enteng ditebak. Lantaran mempunyai satu buah batu (karang) yg serupa ikan hiu. 

Pantai ini berada di Kab Pangandaran (dahulu Ciamis). Dari kota berjarak lebih kurang 14 kilometer ke arah selatan. Tepatnya di Desa Ciliang Kecamatan Parigi. 




Menuju ke Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran tidak terlalu susah. Patokannya ialah Pangandaran. Sesudah di Pangandaran, tinggal mengikuti arahan yang ada. 

Bagi yg memanfaatkan kendaraan umum, dari terminal Pangandaran bisa memakai angkutan pedesaan trayek Cijulang. Dulu turun di depan jalan yg bertanda pantai Batu Hiu. Setelah Itu berlangsung kaki atau naik ojek yg jarak kira kira 2 kilo meter. 

Tanah Lotnya Jawa Barat 

Keistimewaan Wisata Pantai Batu Hiu yaitu dengan panorama alam nan indah. sehingga wajar sekali ketika pantai ini disebut-sebut juga sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. 

Buat menikmati pemandangan, kita mesti naik ke atas suatu bukit mungil. Dari atas bukit yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan (sejenis pohon palem), kita dapat menonton birunya Samudra Indonesia dengan keindahan deburan ombaknya yang menggulung putih.

PANTAI PANTAI BATU HIU PANGANDARAN
PANTAI PANTAI BATU HIU PANGANDARAN

Uniknya ketika kita akan naik ke atas bukit, harus melintasi “gerbang” berupa terowongan mungil berbentuk mulut ikan hiu.  Kita pula dapat main air laut disebelah bukit. Ketika senja hari mulai redup, pengujung akan disajikan dengan daya tarik matahari terbenam di ufuk barat. Tapi disayangkan, lantaran ombaknya besar, dilarang untuk berenang disini.

Harga Tiket Masuk Batu Hiu 

Apabila tertarik berkunjung, adapun harga tiket masuknya yaitu :
  - Orang : Rp. 3.300,- 
  - Motor : Rp.  7.000,- 
  - Jeep : Rp. 19.500,- 
  - Carry : Rp. 36.000,- 
  - L300 : Rp. 51.500,- 
  - Bis Kecil : Rp. 68.000,- 
  - Bis Sedang : Rp. 106.000,- 
  - Bis Besar : Rp. 172.000,- 

Legenda Batu Hiu 

Objek Wisata Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran disebelah utara bukit, kita akan jumpai sekian banyak petilasan. Konon ialah petilasan tokoh-tokoh yang ada kaitannya bersama peristiwa Pantai Batu Hiu. Benar-benar terdapat legenda & mitos yang dihubungkan dengan pantai ini. 

Pada abad ke-11 banyaknya pasukan dari Mataram yang dipimpin oleh Aki & Nini Gede tiba di temat ini lewat laut. Kala mendarat, mereka memutuskan buat beristirahat dan tinggal sementara di dekat bukit. Aki & Nini Gede selanjutnya memerintahkan pasukan buat mencari makanan. 

Salah satu prajurit yang bernama Ki Braja Lintang, memutuskan buat mencari ikan di pantai dan menangkap seekor hiu. Disaat Aki & Nini Gede mengetahui berkaitan ini, mereka memerintahkan untuk melepaskan ikan kembali ke lautan.

Tetapi sesudah kembali dilepas, ikan hiu tersebut beralih jadi suatu batu hitam gede yg berbentuk hiu dan tetap mampu di lihat sampai sekarang ini. Ada pula sekian banyak gua di daerah tersebut, warga setempat yakin bahwa salah satu gua ini membuka ke Cirebon di Pantai Utara. 

Penangkaran Penyu Hijau 

Objek Wisata Pantai Batu Hiu Pangandaran, kira-kira 15 kilo meter ke arah barat dari Batu Hiu, bisa kita jumpai penangkaran penyu hijau yg dikelola oleh Grup Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu. 

KPBL berdiri di awal th 80-an atas inisiatif Bpk Didin yg didasari keprihatinan kepada makin maraknya perburuan & pengambilan penyu buat mengkonsumsi ataupun perdagangan, dgn memburu penyu dewasa sampai telurnya. 

Penangkaran penyu merupakan salah satu objek wisata edukasi di Pangandaran. Di sini visitor bakal mengetahui sekian banyak type penyu pun kiat perkembangbiakannya. Pengujung serta diperbolehkan untuk mengelus & berikan makan penyu-penyu yang ada. 

Tak dipungut anggaran apapun buat masuk ke penangkaran. Jika mau berdonasi buat memberi dukungan kegiatan & kelompoknya, kamu dapat isikan kotak yang disediakan. Apabila sedang beruntung, kepada bulan-bulan tertentu kita dapat ikut melepaskan tukik (anak penyu) ke lautan. Bagaimana, tertarik, kunjungilah pantai ini?  semoga bermanfaat !

Terima kasih atas kujungannya,

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.