Senin, 12 September 2016

Wisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut

Wisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut



Wisata Garut Jawa BaratWisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut merupakan kombinasi antara pantai dan bukit yang menghadirkan pemandangan indah. Sebuah pantai yang sangat terkenal dengan keeksotisannya dan belum banyak terjamah pengunjung.

Bagi penikmat novel Indonesia, pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah ter-ekspose dalam novel perahu kertas karya salah satu novelis indonesia , Dewi Lestari ( Dee ) yaitu tempat saat bertemunya tokoh Keenan dan Kugy dalam bukunya ‘Perahu kertas’.

Diberi nama Pantai Puncak Guha, Guha sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti gua. Di antara kokohnya barisan tebing karang, terdapat gua kelelawar yang menghadap ke laut selatan, tepat di bibir samudera Indonesia. karena di lokasi tebing terdapat sebuah gua yang dalam dan dihuni oleh kelelawar. sehingga tidak bisa memandang lepas karena terhalangi oleh ketajaman bibir gua. dan hanya terdengar suara kelelawar yang berputar-putar mengelilingi bibir gua. yang menimbulkan suasana mistis, ditengah suara debur ombak memecah pantai.

Pantai Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing curam yang dibawahnya terdapat sebuah gua. Pemandangan lepas pantainya begitu menggetarkan. Dari puncak tebing karang tatapan wisatawan jadi tak terbatas menjangkau horison samudera Indonesia.

Keunikan dari Pantai ini memiliki suasana ketenangan dan keheningan yang bisa pengunjung rasakan sambil menikmati indahnya pantai, lautan yang luas dan angin laut yang sangat kencang, pesisir pantai yang eksotis serta tebing yang curam dengan ombak yang tak begitu besar. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi disaat pagi atau menjelang sore, sinar matahari dan alam sekitarnya memberikan pemandangan yang mempesona.

Lokasi Pantai Puncak Guha terletak di  Desa Sinarjaya Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut dan berdekatan dengan tempat wisata pantai Rancabuaya, dapat dijadikan satu arah perjalanan saat berkunjung. 

Transportasi Rute Menuju Puncak Guha antara lain :
  1. Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Puncak Guha. 
  2. Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya . Pantai Puncak Guha terletak sekitar 2 kilometer sebelum Rancabuaya.
  3. Selain itu juga ada banyak jalur alternatif, 
Akomodasi Wisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut ini masih belum dikelola oleh pemerintah hanya berupa wisata masyarakat. Tidak terdapat Penginapan di area ini, penginapan terdekat terletak di Pantai rancabuaya ( 2 KM) . Selain itu belum tersedia sarana umum seperti toilet, mushala, bahkan warung di sini, hanya saja ada dua gazebo tempat istirahat. Dengan tiket masuk Rp 5000 saja, anda sudah bisa masuk ke area ini.

Jika Anda ingin mencari hotel melati di daerah dekat pantai puncak guha Garut, maka penginapan dan hotel di pantai rancabuaya bisa jadi pilihan jaraknya dekat hanya sekitar 2 KM dari lokasi.
Bagaimana, tertarik untuk liburan kesini?

Itulah sedikit ulasan tentang Wisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel selanjutnya Wisata Edukasi Taman Satwa Cikembulan Garut.

Terima kasih.

Tidak ada komentar: