OBJEK WISATA PEMANDIAN ALAM CITUMANG PANGANDARAN TERBARU

OBJEK WISATA PEMANDIAN ALAM CITUMANG PANGANDARAN

Citumang Pangandaran
OBJEK WISATA CITUMANG PANGANDARAN

Wisata Pangandaran Jawa Barat  |  Objek Wisata Citumang Pangandaran adalah salah satu wisata yang mempunyai daya tarik yang Eksotik, yakni sungai Citumang yang telah mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang sangat bening kebiruan. Tepian sungai yang terdiri dari bermacam  ornamen batu-batu padas bersama relung dalam dihiasi relief alam serta aliran sungai yang telah menembus ke dalam goa.

Keheningan alam dapat pengunjung jumpai disini. Musik alami berupa gemercik air sungai, bisikan angin sepoi-sepoy yang menyelinap di antara pepohonan serta nada satwa hutan yang seakan tidak pernah sepi. Obyek wisata Citumang ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Jalan menuju area kurang 15 kilometer dari Pangandaran ke arah barat. Atau mungkin sekitar kurang lebih 4 kilometer dari jalan raya Pangandaran - Cijulang.


Citumang dapat di capai dengan menggunakan kendaraan umum rute Cijulang, bisa juga dilanjutkan dengan jasa kendaraan ojeg, seterusnya disambung dengan jalan kaki menelusuri pinggir sungai serta kebun pendudukan sepanjang 500 meter. Segi lain Setelah melintasi pintu masuk, seputar 300 meter perjalanan yang mesti ditempuh menuju titik yang dimaksud.

Objek Wisata Citumang Pangandaran, bahwa nama Citumang berasal dari legenda mengenai seekor buaya buntung, yaitu yang bernama Si Tumang. Demikian kuatnya kepercayaan warga terhadap kehadiran buaya buntung yang melegenda tersebut maka sampai sekarang meninggalkan nama yang telah melekat kuat jadi nama sungai. dari Cerita yang lain tentang kisah Citumang, yaitu berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) numpang (cai numpang) yaitu air sungai yang mengalir dibawah tanah. Kata cai numpang ini Seiring dengan perjalanan waktu lama-lama beralih jadi Citumang.

Waktu pengunjung telah menjumpai sungai yang rimbun bersama pohon di tiap sisinya, teruskan perjalanannya agak ke hulu, sebab di sanalah pengunjung akan merasakan bening dan sejuknya air bisa dinikmati.

Objek Wisata Citumang Pangandaran, pada kedalaman tertentu bisa menikmati mandi dan berenang. Lima ratus meter dari ruangan pamandian ke arah hulu, dijumpai pesona alam yang berupa aliran sungai Citumang yang mengalir masuk ke dalam perut bumi serta ke luar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini dikasih nama Goa Taringgul yang selanjutnya diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).

Goa Taringgul Kalinumpang Citumang
Goa Taringgul Kalinumpang Citumang

Menikmati Objek Wisata Citumang Pangandaran, tidak hanya sekedar mandi dan berenang seperti halnya tidak sedikit dilakukan wisatawan asing, tetapi bisa juga aktivitas yang lainnya seperti : menikmati suasana sepanjang sungai, adventure ke dalam goa serta menikmati rahasia ditengah alam yang asli, sejuk serta eksotisnya wisata Citumang.


Pedoman Berkunjung ke Citumang

Objek Wisata Pemandian Alam Citumang Pangandaran, Citumang adalah nama tempat dari desa mungil yang terletak di sebelah barat laut desa Bojong Kabupaten Pangandaran. Bagi kamu yg miliki GPS, masukan koordinat ini : -7.648542, 108.537793, buat membimbing anda untuk menuju objek wisata Citumang,



Rencanakan perjalanan supaya kegiatan kamu optimal dan tak terlampau melelahkan. Waktu paling baik untuk menuju tempat ini yakni periode kemarau, sedangkan pada masa musim penhujan perjalanan ke tempat ini basah serta licin.

Yang Pertama menuju ke Objek Wisata Citumang Pangandaran, arahkan kendaraan menuju ke Pangandaran yang pasti saja telah tidak asing lagi bagi kamu. Bermacam tipe akomodasi bertebaran di saentero Pangandaran, kamu tak ingin kesusahan untuk mencari akomodasi ditempat ini.

Berangkatlah pagi hari sesudah sarapan pagi, janganlah lupa bawa perbekalan buat makan siang, sebab di Citumang tak ada Restaurant. Belilah pula air minum secukupnya, lantaran hanya ada pedagan-pedagang kecil di ditempat wisata.

Arahkan kendaraan kamu kearah timur ke luar kota Pangandaran menuju arah Parigi. Kira Kira 15 kilo meter dari Pangandaran kamu dapat menjumpai tata cara jalan kearah kanan yg menunjukan jalan ke Parigi. Harap diingat ya !, pelankan laju kendaraan kamu sesudah melintasi SPBU, perhatikanlah tanda penunjuk jalan serta jalan masuknya.

Memasuki jalan kecil menuju ke Citumang, kamu bisa mencari sebuah objek landscape serta human interest. serta Hamparan sawah, sungai, hutan, semuanya komplit ada disini. Ingin bikin photo refleksi air wah pun bisa, tetapi mesti menunggu saat hingga agak senja. Jalan mungil ini panjangnya kurang lebih 15 kilometer, ditempuh lebih kurang 1 jam dikarenakan ada sebahagian ruas jalannya ini kurang baik, kendaraan tipe Sedan masihlah bisa masuk walaupun agak riskan.

Setibanya di ujung jalan (buntu), parkirkan kendaraan kamu, laporlah terhadap penduduk setempat, berjalanlah kearah jembatan, seandainya kamu belum sempat ke area air terjun, sewa lah satu orang guide buat mengantarkan kamu ke ruang. Guide rata-rata dibayar sukarela, tergantung kerelaan kamu. Jarak jalan setapak dari ruang parkir ke curug citumang kurang lebih 800m jalan kaki. Kamu dapat melewati ladang, bukit-bukit mungil, buat mencapai objek wisata.

Setibanya di airterjun, kamu bisa menikmati suasana alam yang asri serta bisa berrenang, ataupun lompat indah dari akar-akar pohon yang telah tumbuh di langit-langit goa setinggi 5 meter, pokonya seru.

selamat berwisata !!!


Gallery Fhoto dibawah ini :

Citumang Pangandaran



Sungai Kalinumpang Citumang Pangandaran
Sungai Kalinumpang Citumang

Terimakasih sudah berkunjung, 

Komentar

Entri Populer